Academic
Curriculum
The STPHBK curriculum is designed to provide a learning experience for students so that they have the competence needed to organize Teacher and Parenting Education.
Graduate Competencies
Main Competencies
- Pedagogical Competence: Bachelor’s graduates as professionals in the field of education, parenting, and human resource development who are able to apply the latest theories of development, learning, and brain in the learning process, and building children’s character.
- Personality Competence: Becoming a professional in the field of education, parenting, and human resource development who is able to facilitate children to grow and develop optimally with a strong educational spirit, sincere compassion, and motivation to achieve goals, and serving as an example for children.
- Social Competence: Becoming a professional in the field of education, parenting, and human resource development who is able to communicate and interact effectively and efficiently with children, fellow educators, parents/guardians of students, and the surrounding community.
- Professional Competence: Becoming a professional in the field of education, parenting, and human resource development who are able to design effective curricullum and creating learning materials that can encourage high-level thinking skills, as well as creating an educational environment that supports all aspects of optimal child development through the Pendidikan Holistik Berbasi Karakter model.
Supporting Competencies
- Becoming a professional in the fields of education, parenting, and innovative human resource development by leveraging advancements in Science and Technology.
- Able to work together and have social sensitivity and concern for society and the environment.
Professions/Careers for Graduates
-
Educators (Kindergarten/Elementary School)
-
Educational Consultant
-
Parenting Consultant
-
Education Researcher
-
Manager of Educational and Training Institutions
-
Social Entrepreneur
Mata Kuliah Unggulan
Mata Kuliah | Deskripsi Singkat Mata Kuliah |
---|---|
Matrikulasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) | Pembekalan seluruh mahasiswa baru untuk menumbuhkan semangat dan motivasi membangun SDM berkualitas di Indonesia, terutama untuk menjadi pakar pendidikan karakter dan guru di sekolah. Mahasiswa dapat memahami seluruh visi dan misi mengapa Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) diperlukan sebagai solusi peningkatan kualitas SDM di era Industry 4.0 |
Pengenalan Teknik Hypnoteaching dan Komunikasi Efektif | Mempelajari komunikasi yang efektif serta teknik hypnoteaching yang dapat membantu proses belajar mengajar |
Literasi Digital Untuk Guru | Memberi pendidikan yang berkaitan dengan teknologi kepada anak (komputer, multimedia, coding sederhana, dll). |
Pendidikan Holistik: Pedagogi Membangun Karakter | Filsafat dan Prinsip-prinsip Pendidikan Holistik serta aplikasinya dalam pembelajaran masa kini |
Teori Perkembangan Anak Dalam Praktik Pedagogi Ramah Anak | Mempelajari tentang teori perkembangan populer dan aplikasinya untuk memenuhi tantangan abad 21 |
Neurosains Pembelajaran | Mempelajari prinsip neurosains untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar |
PHBK: Strategi dan Praktik Pendidikan Karakter | Mempelajari secara khusus teknis mengalirkan pilar-pilar karakter di kelas maupun di rumah, pentingnya keterlibatan dan komunikasi antara guru dan orang tua untuk mengoptimalkan internalisasi pilar-pilar karakter. |
PHBK: Mendesain Kurikulum Tematik dan Integratif Berbasis Karakter | Memahami dan mendesain strategi pembelajaran efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran |
PHBK: Evaluasi Siswa Berbasis Karakter dan Kecerdasan Majemuk | Sistem evaluasi yang sesuai dengan prinsip PHBK dan mengedepankan prinsip kecerdasan majemuk |
Pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) | Mempelajari metode dan teknik pembelajaran yang dapat diaplikasikan di kelas maupun di rumah untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bidang Matematika, Literasi dan Sains |
Pengenalan Psikologi Klinis Anak dan Trauma Healing | Mempelajari ilmu psikologi dasar anak dan cara mengatasi trauma pada anak |
Strategi Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus | Konsep fundamental pendidikan inklusi dan identifikasi umum tentang anak berkebutuhan khusus yang bisa dilakukan |
Dan berbagai Mata Kuliah Dasar dan Mata Kuliah Keahlian yang disiapkan menjadi lebih aplikatif dan kontekstual |
Mata Kuliah Unggulan
Mata Kuliah | Deskripsi Singkat Mata Kuliah |
---|---|
Matrikulasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) | Pembekalan seluruh mahasiswa baru untuk menumbuhkan semangat dan motivasi membangun SDM berkualitas di Indonesia, terutama untuk menjadi pakar pendidikan karakter dan guru di sekolah. Mahasiswa dapat memahami seluruh visi dan misi mengapa Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) diperlukan sebagai solusi peningkatan kualitas SDM di era Industry 4.0 |
Pengenalan Teknik Hypnoteaching dan Komunikasi Efektif | Mempelajari komunikasi yang efektif serta teknik hypnoteaching yang dapat membantu proses belajar mengajar |
Literasi Digital Untuk Guru | Memberi pendidikan yang berkaitan dengan teknologi kepada anak (komputer, multimedia, coding sederhana, dll). |
Pendidikan Holistik: Pedagogi Membangun Karakter | Filsafat dan Prinsip-prinsip Pendidikan Holistik serta aplikasinya dalam pembelajaran masa kini |
Teori Perkembangan Anak Dalam Praktik Pedagogi Ramah Anak | Mempelajari tentang teori perkembangan populer dan aplikasinya untuk memenuhi tantangan abad 21 |
Neurosains Pembelajaran | Mempelajari prinsip neurosains untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar |
PHBK: Strategi dan Praktik Pendidikan Karakter | Mempelajari secara khusus teknis mengalirkan pilar-pilar karakter di kelas maupun di rumah, pentingnya keterlibatan dan komunikasi antara guru dan orang tua untuk mengoptimalkan internalisasi pilar-pilar karakter. |
PHBK: Mendesain Kurikulum Tematik dan Integratif Berbasis Karakter | Memahami dan mendesain strategi pembelajaran efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran |
PHBK: Evaluasi Siswa Berbasis Karakter dan Kecerdasan Majemuk | Sistem evaluasi yang sesuai dengan prinsip PHBK dan mengedepankan prinsip kecerdasan majemuk |
Pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) | Mempelajari metode dan teknik pembelajaran yang dapat diaplikasikan di kelas maupun di rumah untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bidang Matematika, Literasi dan Sains |
Pengenalan Psikologi Klinis Anak dan Trauma Healing | Mempelajari ilmu psikologi dasar anak dan cara mengatasi trauma pada anak |
Strategi Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus | Konsep fundamental pendidikan inklusi dan identifikasi umum tentang anak berkebutuhan khusus yang bisa dilakukan |
Dan berbagai Mata Kuliah Dasar dan Mata Kuliah Keahlian yang disiapkan menjadi lebih aplikatif dan kontekstual |